Jumat, 23 Januari 2015

makalah sepeda motor

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sepeda motor yaitu kendaraan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik; pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sepeda motor adalah sepeda besar yang dijalankan oleh motor . Nilai ekonomis dapat kita lihat dengan harga sepeda motor yang relative terjangkau olehmasyarakat dengan ekonomi menengah dan penggunaan bahan bakar yang relatif lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan bermotor roda empat. Sedangkan nilai kepraktisan dapat kita lihat dengan lincahnya kendaraan bermotor roda duabila digunakan pada jalan raya yang padat. Sistem utama sepeda motor terdiri ,yaitu: Rangka ( chasis ), sistem suspensi ( suspension ), sistem pengereman ( brakingsystem ), sistem penerus daya ( drive chain ), sistem kelistrikan ( electrical system ),sistem bahan bakar ( fuel system ), sistem utama/mesin ( engine), dan sistem pemasukan dan pembuangan gas. Peningkatan penggunaan sepeda motor ditandai dengan semakinbanyaknya permintaan motor dan semakin gencarnya produsen – produsen motormelakukan inovasi terhadap produknya, dimulai dengan meenambah dan merubahaksesoris, hingga ke perubahan atau peningakatan kapasitas mesin. Pada saat iniada banyak pilihan kapasitas mesin yang disediakn oleh produsen masing –masing merk, yaitu dari kapasitas mesin 100 cc – 250 cc dengan bebagai macamkeunggulannya. B. Tujuan Tujuan dibuatnya makalah ini adalah : Memenuhi tugas mata kuliyah fisika terapan , karna tidak semua mahasiswa jurusan Fisika mengetahui mengenai sepeda motor, pembelajaran bagi penulis dalam menuangkan gagasan atau ilmu yang dikuasai dalam bentuk tulisan BAB II ISI A. Sejarah Sepeda Motor Sepeda motor kini mungkin menjadi salah satu alat trasportasi yang paling diminati di dunia khususnya di Indonesia. Coba kalian perhatikan di jalan raya, begitu banyak sepeda motor yang melintas atau yang sedang antre saat lampu merah sedang menyala. Tahukah kalian darimana asalnya sepeda motor, siapa-siapa saja yang berperan dalam perkembangan sepeda motor dan bagaimana sejarahnya hingga sepeda motor masuk ke Indonesia? Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor yaitu, Gottlieb Daimler (Jerman) Ernest Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), dan. Sepeda motor pertama kali dirancang pada tahun 1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga penggerak yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil. Kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam. Gambar. Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach Orang yang pertama kali merakit sepeda motor. Pada tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen(ridincar). Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Sampai pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor). Pada tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri. Tahun 1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single. B. Sepeda motor pertama di dunia Motor pertama dibuat pada tahun 1895, penemu motor ini adalah Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman. Motor pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai seperti Twin-Cylinder, 4 valve, water cooler dan bermesin 1.500 cc. walau bermesin besar, ternyata tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5 hp saja pada 240 rpm. Sepeda motor ini juga merupakan kendaran pertama di dunia memakai bahan bakar minyak bumi. Mereka menyebut kendaraan penemuannya ini dengan nama “Reitwagen” (mobil tunggangan). C. Perkembangan sepeda motor 1. Era sepeda motor Jerman pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. 2. Era sepeda motor AS . Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor). 3. Era sepeda motor Inggris Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. Pada tahun 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri. 4. Era perang dunia I Pada saat perang dunia I (1914-1918), perusahaan ini menjadi pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield. Setelah Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi sepeda motor terbesar di dunia adalah Harley Davidson. Pada tahun 1921, sepeda motor BMW hadir dengan roda belakang yang digerakkan menggunakan koppel (shaft drive). Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood. 5. Era perang dunia II Pada saat perang dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia. Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah. Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah. Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kemudian kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. 6. Pasca perang dunia II hingga sekarang Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini. Dengan mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1893. Sepeda motor tersebut dibeli oleh John C Potter, seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. Sepeda motor sudah sangat familier dalam kehidupan kita. perkembangan motor indonesia sangat pesat, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi tahun ini bakal terjual 6,8 juta unit. Bahkan, pada 2012 ini diperkirakan penjualan kendaraan bermotor roda dua akan menyentuh 10 juta per tahun. Namun, sedikit dari kita yang mengetahui sejarah perkembangan motor hingga seperti sekarang ini. D. Struktur sepeda motor Sepeda motor pasti mempunyai strktur, kemudia struk sepeda motor dapat dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu : 1. Bagian body atas Bagian yang terbuat dari plastik viber atau kristal antara lain: spatbor, cover body (pada motor jenis bebek atau scootermatic), spion, reflektor, coverhead, dan ebeg. Sedangkan bagian yang terbuat dari logam, antara lain: tanki (pada motor jenis non bebek). 2. Bagian body bawah Bagian yang terbuat dari logam antara lain: velg, jari-jari, knalpot, standar, dan blok mesin. Sedangkan bagian yang terbuat dari karet, antara lain: ban. 3. Bagian Mesin 4. Bagian Kelistrikan Komponen utama unit sepeda motor dapat dikelompokan menjadi 4 bagian utama, yakni: engine (mesin), power train (pemindah tenaga), chasis (sasis), kelistrikan. Mesin sepeda motor 4 tak dan kelengkapannya, meliputi: a. Engine (mesin) : cylinder head (kepala silinder), cylinder block (blok silinder), crank ase (bak engkol) Sebagai penggerak dapat bertenaga listrik atau mesin bakar (combution engine) dengan transmisi manual maupun semi otomatis umumnya terdiri dari 2 type kategori; • Mesin Vertical (GL series, CS-1, Mega Pro, & Tiger)‏ • Mesin Horizontal (Cub, Win & AT)‏ b. Power train (pemindah tenaga) : clutch (kopling), gear box (gigi transmisi), kick starter (starter kaki) c. Chasis (sasis) : sistem kemudi, sistem suspensi, rem, roda, ban d. Kelistrikan : motor starter, sistem pengapian, dan sistem pelumasan.  Komponen Utama Pada Sepeda Motor Bab ini berisikan tentang perhitungan komponen – komponen utama,meliputi : perhitungan motor bensin meliputi : Silinderliner , kepalasilinder, blok silinder, piston dan kelengkapannya, poros engkol, danmekanisme katup, serta sistem bahan bakar dan pelumasannya. E. Jenis-jenis motor • Cruiser, jenis motor ini biasanya memiliki posisi stang yang tinggi, posisi kaki yang relatif ke depan, dan posisi kursi yang rendah.Posisi mengemudi ini menciptakan kenyamanan ergonomika pada pegemudi.Motor Cruiser memiliki daya belok yang terbatas karena desainnya. • Dual Sport, memiliki posisi mesin yang tinggi, ban dengan permukaan khusus untuk melewati berbagai macam medan dan posisi stang yang dibuat supaya dapat dikelndalikan dengan mudah saat melewati ringtangan.Motor jenis ini memiliki settingan mesin yang berfokus pada tenaga pada putaran bawah dan tenaga mesin difokuskan pada gigi-gigi yang lebih rendah seperti gigi 1 dan 2.Bobot pun dibuat seringan mungkin demi mengembangkan kemampuan menjelajahi berbagai medan. • Touring, jenis motor yang digunakan untuk kenyamanan pada perjalanan jauh.Kebanyakan motor touring memiliki fitur-fitur mewah seperti GPS, TV, Radio, kursi penumpang yang besar, dan lemari yang banyak. • Skuter, motor berukuran kecil yang memiliki konsumsi bensin yang baik dan kelincahan dalam menyelip lalu lintas. • Bebek, atau disebutnya moped, adalah jenis motor yang dahulunya adalah sepeda bertenaga pedal manusia dan setengah listrik, kini menjadi sepeda motor bertenaga bensin.Memiliki pengendalian melebihi skuter namun lebih ekonomis dari motor sport. • Motor sport, jenis motor yang memiliki performa dan pengendalian yang lebih.Posisi mengemudi pun difokuskan untuk menjaga titik gravitasi supaya pengendalian lebih terkendali. • Sport Touring, Gabungan anatara touring dan sport, motor sport touring adalah motor sport yang masih memiliki faktor-faktor kenyamanan. • Sepeda motor listrik, merupakan kendaraan yang sama sekali tidak menggunakan bensin. Beberapa warga negara Indonesia sudah lama menggunakan sepeda motor jenis ini, baik untuk keperluan pribadi maupun usaha. F. 10 Sepeda Motor Termahal di Dunia 1. Million Dollar Harley Jack Armstrong Sepeda motor termahal di dunia adalah seorang seniman yang dirancang Harley-Davidson. Sepeda motor pertama di dunia yang berharga $ 1.000.000. 2. Ultra-Rare Porcupine Sepeda kedua paling mahal di dunia adalah Porcupine. Porcupine ultra-jarang diproduksi selama Perang Dunia II oleh AJS, pembuat sepeda motor Inggris. Porcupine ini merupakan bagian dari Museum Motor Nasional di Coventry selama dua dekade terakhir, tetapi sekarang dijual. Dengan kelangkaan tersebut dan arti sejarah, maka dihargai hampir $ 750.000. 3. Gold-Plated Custom Chopper The Gold-Plated Custom Chopper diresmikan di Motorcycle Show Internasional di Seattle, Washington. . Harga luar biasa adalah $ 500.000. Sepeda olahraga banyak emas disepuh dengan bagian logam dengan finishing yang sangat baik dan hebat dan bersinar. Anda tidak akan ingin mengambil di jalan bahkan. 4. Legendary British Vintage Black Sepeda ini dalam daftar ini di nomor empat karena keunikannya dan juga kuno. Senilai legendaris Hitam Inggris Vintage dekat ke $ sepeda 400000.This bukan salah satu tercepat karena ini adalah sepeda yang sangat tua. 5. Ecosse FE Ti XX - Titanium Series Ecosse FE Ti XX tidak hanya terlalu banyak mahal tapi juga sangat indah sepeda Seri Titanium diproduksi oleh perusahaan yang telah memiliki kredit lainnya dengan namanya - The Ecosse Bermotor Works.The Ecosse Titanium FE Ti XX Seri memproduksi 225 tenaga kuda sebagai menakjubkan memanfaatkan nya aluminium mesin. Perintah telah dipesan, tapi banyak pertama akan dikirim ke Cina. Para Ecosse FE Ti XX biaya $ 300.000. 6. Hub-Less Harley-Davidson Ini sepeda cantik ini disesuaikan oleh Howards Pembunuh CustomsWho bekerja indah di dalamnya. Hub sepeda kurang terlihat sangat indah dan unik peringkat 6 dalam lomba sepuluh sepeda paling mahal Harganya adalah $ Chopper 155000.This terlihat sangat indah dan berbeda dari orang lain. 7. Hildebrand & Wolfmüller Motor berusia 115 tahun ini diproduksi oleh Hildebrand & Wolfmüller. Sepeda ini masih penginapan di peringkat sepuluh sepeda yang paling mahal. Motor ini khususnya dari Hildebrand & Wolfmüller adalah pertama kalinya sepeda diberi nama sepeda motor, yang membuatnya sangat khusus. Saat ini, motor ini adalah bagian dari koleksi pribadi di Amerika Serikat. Tingginya harga yang dibawanya adalah murni karena kelangkaannya dan sejarah. Motor ini senilai $ 150.000, tidak ada spesifikasi yang tepat tersedia untuk motor ini. 8. Harley-Davidson Rocker House of Thunder adalah nama perusahaan manufaktur yang sangat dikenal. Rocker Harley-Davidson merupakan salah satu yang diproduksi oleh perusaahaan ini. Rocker Harley Davidson ini seharga $ 130.000. 9. Coventry Eagle Flying - 8 (1928) Motor unik dan indah diproduksi oleh ROYAL EAGLE pada tahun 1928. Sepeda motor yang sudah berusia 73 tahun masih dapat lihat di jalanan. Coventry Eagle memiliki sejarah besar. Bruce Smith, Stephen Broadbridge, John Ellis, dan Ken Hodgson membeli ini. Ini harga Coventry Eagle Flying - 8 (1928) adalah sekitar $ 120.000. 10. Neiman Marcus Limited Edition Fighter Motor indah ini diproduksi oleh konfederasi bermotor. Hampir seluruh material terbuat dari baja. Ini peringkat kesepuluh dalam lomba sepeda dunia yang paling mahal. Ini sepeda motor unik ini bernama Neiman Marcus Limited Edition Fighter senilai $ 110.000. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan olehmasyarat pada saat sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh karena nilai ekonomisataupun kepraktisan yang dihadirkan oleh sepeda motor tersebut. Sistem utamasepeda motor terdiri , yaitu: Rangka (chasis), sistem suspensi (suspension), sistempengereman (braking system), sistem penerus daya (drive chain), sistemkelistrikan (electrical system), sistem bahan bakar (fuel system), sistemutama/mesin (engine), dan sistem pemasukan dan pembuangan gas. Perancangan motor bensin 4 langkah penggerak sepeda motor denganvolume langkah 115 CC, meliputi :piston dan analisa piston crown dan piston skrit, dan mekanisme penggeraknya (batang piston, poros engkol), ring piston,dan pen piston, ulir pengikat , silinder dan silinder liner, sistem bahan bakar danpelumasan. B. Saran Bagi para Mahasiswa yang berminat membeli motor, belilah motor Honda. DAFTAR PUSTAKA (http://motor2-education.blogspot.com/2010/02/fungsi-komponen-utama-sepeda-motor-4.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar